Sejarah Desa

Sejarah Desa Jatisari tidak terlepas dari sejarah masing-masing,Jatisari adalah sebuah nama desa yang terletak antara dusun Dukoh,Kayen,Dusun Kupan,dusun Mbeduk, yang dikelilingi dua pegunungan yang disebut gunung gangsir dan lereng Sendeng,yang merupakan hutan belantara ditumbuhi pepohonan Jati. Kemudian ada dua kelompok orang yang datang ke hutan tersebut. Kelompok pertama menempati disebelah barat tepatnya di lereng gunung gangsir dari suku Mblambangan, yang sekarang bertepatan dengan dusun Jatiripendatang yang ke dua menempati disebelah timur tepatnya dibawah lereng sendeng yang sekarang dikenal dengan dusun jatisari kelompok tersebut dari suku jawa tengah wilayah ini masuk di Kabupaten Tuban, pada waktu itu Tuban diperintah oleh seorang bupati yang berkedudukan di daerah Lasem. Karena pada waktu itu Masyrakatnya sebagai prtani dan mengunakan kayu jati sebagai sumber kehidupan sehari maka timbulah kesepakatan bersama antra dua kelompok tersebu untuk berembuk untuk membentu sebuah nama desa, dengan mengambil intisari dari kayu jati, dari kata “JATI” dan “SARI”maka Desa ini sejak jaman dahulu bernama desa JATISARI dengan lurah seumur hidup yang bernama  adalah Kepala Desa yang dermawan, karena sangat terpengaruh oleh gaya kehidupan masyarakat samin.

Sejak tahun 1952 desa ini sudah diberi nama desa Jatisari hal ini didasarkan adanya nama-nama kepala desa. Adapun kepala desa yang pernah menjabat pada saat itu 3 pimpinan definitif adalah sebagai berikut:

  • Bapak Tapel dikenal dengan sebutan petinggi Tapel
  • Bapak Sukirno dikenal dengan sebutan Petinggi Tanah
  • Bapak Tejo Atmojo

     Sejarah Pemerintahan Desa

 Pada zaman penjajahan Belanda Desa Jatisari adalah salah satu Kelurahan yang ada di bawah wilayah Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban yang dipimpin oleh seorang Lurah yang dibantu oleh Carik, Bayan Petengan, Kamituwo dan Jogoboyo.

Seiring perkembangan zamankelurahan tersebut berubah menjadi desa,Desa Jatisari yang terdiri dari tiga dusun antara lain Dusun Jatiri, Dusun Jatisari dan Dusun Ngulaan.Sejak terbentuk Desa Jatisari mengalami pergantiaan kepemimpinan(Kepala Desa) sebagai berikut:

 Sampai saat ini desa jatisari telah dipimpin oleh 4 Pemimpin definitif yaitu:

  1. Bapak Darmu Atmojo (tahun1971 d 1999),
  2. Baak Simbang                 (tahun 1999 d 2006),
  3. Ibu Narti .                      (tahun .2006 d 2013),
  4. Bapak Muhadi (tahun 201s.d sekarang)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)