Wilayah Desa

Secara Topografi ketinggian desa ini adalah berupa dataran sedang yaitu sekitar  5-10 m di atas permukaan air laut, terletak di Kecamatan Bancar  Kabupaten Tuban yang memiliki luas administrasi 228,848 Ha,

Secara administratif, Desa Jatisari  terletak di wilayah Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban dengan posisi dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga.

Di sebelah Utara berbatasan dengan desa Sumberan

Di sebelah Barat berbatasan dengan Desa Ngujuran

Di sisi Selatan berbatasan dengan Desa Sekaran Kec Jatirogo

Di sisi timur berbatasan dengan Kayen

Jarak tempuh Desa Jatisari. ke ibu kota kecamatan adalah 8 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30  menit. Sedangkan jarak tempuh ke ibu kota kabupaten adalah 42 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1,30 jam.

Pola pembangunan lahan di desa Jatisari lebih didominasi oleh kegiatan pertanian pangan yaitu palawija ( padi, ketela, kacang, jagung ) dengan penggunaan pengairan tadah hujan.

     Aktifitas mobilisasi di Desa Jatisari cukup tinggi, khususnya mobilisasi angkutan hasil-hasil pertanian maupun sumber-sumber kegiatan ekonomi lainnya. Sayangnya masih minimya sarana prasarana jalan.  Selain itu juga didukung fasilitas pendidikan serta fasilitas Kesehatan berupa Posyandu dan Bidan yang sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

 

Namun demikian masih banyak permasalahan yang akhirnya menimbulkan masalah-masalah sosial seperti kemiskinan, pengangguran dan kenakalan remaja.  Hal tersebut terjadi karena keberadaan potensi yang ada di desa  kurang ditunjang oleh infrastruktur yang memadai dan sumber daya manusia yang memenuhi, misalnya keberadaan lahan pertanian yang luas di Desa Jatisari tidak bisa mengangkat derajat hidup petani karena produktifitas pertaniannya tidak maksimal bahkan relatif rendah.  Hal tersebut disebabkan karena sarana irigasi dan transportasi ke lahan pertanian yang kurang memadai serta sumberdaya para petani baik yang berupa modal maupun pengetahuan tentang sistem pertanian modern yang relatif masih kurang.  Akibatnya banyak lahan pertanian yang kurang maksimal dalam pengarapanya terutama tegalan.

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)